tips menulis di blog
Tips Menulis & Blogging

Tips Menulis di Blog Bagi Pemula, Buat yang Awam Nulis Nih! (Part1)

Haloha bloggerian… Nah ini tulisan perdana gue tentang tips menulis di blog gimana supaya enak dibaca. Seperti tujuan utama dan mulia kenapa blog ini dibuat hahaha… Blog ini sengaja dibuat untuk menyebarkan semangat digital kepada kalian semua, bahwa dari pekerjaan menulis bisa juga lho dapat penghasilan yang lumayan, malah kalau ditekuni pendapatannya lebih banyak daripada orang yang kerja di kantoran.

Di era sekarang ini, menulis digital bisa dilakukan dimana saja. Nggak cuma di blog, kamu yang punya media sosial pun bisa mulai menulis melalui caption. Punya wattpad? Kamu juga mulai bisa menulis dari sana. Apapun media yang kamu pakai, menulislah dengan baik. Kali ini, aku akan membagikan tips menulis di blog untuk kamu yang awam. Buat yang nggak awam dan kebetulan membaca tulisan aku ini, bisa loh sharing tipsnya di kolom komentar 😀

Yuk langsung aja mulai!

 

Mula-mula apa sih yang harus ditulis?

Apa sih yang mesti ditulis pertama kali? Biasanya, buat kamu yang nggak terbiasa menulis bahkan untuk pertama kalinya, pasti bingung deh.

Gue mau nulis, eitsss… tapi gue mau nulis apa ya??

Tenang, nggak cuma kamu kok yang merasa kayak gitu. Dulu, aku sebelum terbiasa menulis juga bingung menentukan topik apa yang mau ditulis. Tapi, jika kamu bingung, kamu bisa mulai menulis topik apa saja, tema apa saja, bebas!

Tulisan adalah salah satu bentuk ekspresi.

Tulislah sesuatu yang membuat kamu nyaman. Tulislah sesuatu berdasarkan pengalaman pribadi atau apa yang kamu suka. Jangan takut kalau tulisan kamu akan dikritik orang lain. Kritik itu justru membangun kamu untuk jadi lebih baik lagi. Jadi, jangan takut untuk memulai ya.

BACA JUGA : SHARE COST TRIP BELITUNG, ATUR SENDIRI PERJALANAN KAMU

 

Struktur tulisan

Mulailah menulis dengan memerhatikan struktur tulisan. Struktur tulisan ini membantu banget loh bahwa tulisan yang kamu buat enak dibaca atau enggak. Yaa… siapa tahu kan suatu saat kamu punya pembaca setia yang suka mantengin tulisan kamu 😀

Struktur Tulisan

Pembuka


Isi 


Penutup




Zoom aja gambarnya biar keliatan 😀

Cobalah membiasakan diri dengan mulai menulis menggunakan paragraf pembuka gengs. Tuuannya adalah pembaca jadi tahu alasan kamu menulis. Jadi nggak ujug-ujug langsung membahas isi. Biasanya paragraf pembuka bisa berupa sapaan atau kalimat yang menjadi latar belakang kenapa kamu menulis hari ini. Lihat contoh:

menulis blog
Contoh paragraf pembuka

Setelah pembuka, lalu kamu bisa ceritakan isi yang ingin kamu sampaikan. Isi merupakan inti dari cerita yang akan kamu tulis. Lihat pada gambar di atas ya!

Terakhir jangan lupa penutup ya. Nggak pas rasanya kalau sudah menulis tapi nggak pakai pararaf penutup. Pembaca juga kan pengen banget bahwa tulisan kamu masih lanjutannya atau belum :D. Singkat saja, yang penting kamu menyampaikan bahwa tulisan kamu sudah selesai atau memang ada kelanjutan kisahnya.

Bisa juga loh diselipkan kalimat berupa pertanyaan di bagian paragraf penutup. Biar pembaca makin penasaran 😀

menulis blog
Contoh paragraf penutup

Perhatikan tanda baca!

tanda baca
sumber : lumenlearning

Sering banget aku nemuin, banyak penulis blog alias blogger di luaran sana yang nggak merhatiin tanda baca. Padahal tanda baca ini penting banget loh gengs kegunaannya. Pentingnya tanda baca dalam tulisan pasti sudah pada tahu lah ya.. kan ada di pelajaran Bahasa Indonesia sekolah… kalau yang suka bolos, ya coba lagi baca ulang buku pelajaran Bahasa Indonesia kalian 😀

Kasus tanda baca yang salah sering aku temukan, kaya gini:

  1. Berlebihan memakai tanda seru. Contoh: Wah pemandangan alamnya bagus banget!!!!!!!

  2. Meletakkan tanda koma (,) nggak pada tempatnya, penggunaannya pun berlebihan. Contoh: Haloo,,,, kawan-kawan semua,,,

  3. Meletakkan tanda titik  (.) sebelum akhir kalimat padahal kalimatnya masih belum selesai, sehingga yang baca jadi bingung. Contoh: Padahal. saya sudah bilang. ke dia jangan main-main dengan perempuan.

Memang, blog kalian adalah milik kalian. Bebas deh mau menentukan gaya tulisan kayak gimana juga. Tapi, coba perhatikan lagi, apakah tulisan itu enak dibaca kah? Terlalu banyak penggunaan tanda baca setiap akhir kata atau akhir kalimat efeknya nggak baik lho. Bukan cuma tidak enak dibaca, tapi pembaca juga jadi nggak mengerti maksud yang ingin kamu sampaikan. Hal ini sangat amat penting diperhatikan, apalagi kalau kamu berniat menjadi blogger atau penulis yang serius.

 

Tetap perhatikan etika ya!

sumber : justwritesolutions

Meski kamu bebas mau menulis apa saja, namun bukan berarti bebas tanpa etika ya. Kamu boleh menulis apa saja, selama itu bukan berita bohong atau hoax, dan menyinggung suku, agama, ras, atau budaya tertentu. Hindari tulisan yang bersifat menghina atau fitnah. Hiiy!

Menulislah dengan damai. Jangan jadikan tulisan kamu boomerang buat diri kamu sendiri yang berakibat kamu akan mendapatkan sesuatu yang buruk. Buatlah tulisan yang bertanggungjawab.

Jika dulu ada yang bilang “Mulutmu, Harimaumu”, tapi di era digital seperti sekarang berlaku juga “Tulisanmu, Harimaumu”. Tulisan yang kamu buat mewakili dirimu gengs, jadi jangan sampai ada pandangan jelek terhadap diri kamu gara-gara yang kamu tulis 🙂

 

Terus latihan

sumber:preventconnect

Setelah membaca tips menulis di blog di atas, hal yang paling penting agar tulisan kamu makin enak dibaca dan benar dalam segi struktur adalah terus latihan. Jika ingin tulisan kamu bagus, teruslah asah kemampuanmu. Semua orang bisa menulis, asal pada seberapa besar keinginan dan tekad untuk bisa menulis #tsaaah 😀

pertama-tama kamu bisa menulis dari tulisan yang sangat pendek. Tiga paragraf juga sudah bagus banget loh.. lalu kamu bisa kembangkan lagi menjadi tulisan yang agak panjang, dan kemudian tulisan yang panjang banget kayak karya ilmiah 😀

Semakin kamu terasah, semakin terampil juga kamu menulis. Jangan lupa sering-sering juga baca KBBI ya, bair kosakata kamu lebih banyak .

Tips menulis di blog agar nggak gampang bosan, menulislah dengan berbagai topik yang kamu sukai. Nggak usah menulis sesuatu yang kamu nggak suka atau benci. Jika kamu memaksakan menulis yang kamu nggak suka, dijamin deh tulisan kamu nggak akan terlihat alami.

Sekian deh tips menulis di blog dari aku. Setelah membaca panduan ini, jangan lupa praktikan langsung di rumah atau dimanapun kamu berada. Kini zaman semakin canggih guys! Menulis blog bisa dilakukan dimana saja. Kalau kamu sudha mulai menulis, boleh lho sharing ke aku.. biar kita sama-sama belajar 😀

Sampai bertemu di tips menulis blog lainnya ya.. Have a nice day!

Leave a Reply

Required fields are marked*