operasi lasik mata

Saatnya Operasi LASIK

Nah, tiba nih giliran operasi. Jujur gue excited sekaligus takut. banyak pikiran-pikiran negatif yang muncul, kayak pikiran “kalo operasinya gagal terus gue jadi buta gimana? kalo gue nanti pas operasi malah ngedip gimana?” dan lain-lain.. Pikiran dan perasaan jadi gak karuan rasanya. Duh gimana nih…

Tapi pikiran negatif itu gue tepis, dan ganti dengan pikiran-pikiran lain yang lebih positif dan tidak lupa berdoa agar diberi kelancaran selama operasi berlangsung. Sebelum masuk ruangan operasi pasien akan diminta ganti pakaian dengan pakaian khusus operasi agar lebh steril dan bersih. Kemudian perawat akan ngecek tekanan darah dan gula darah, kemudian permukaan kulit di sekitar area mata dibersihkan agar tidak ada sisa-sisa make-up yang menempel di area mata. Selama pemeriksaan dengan perawat, pasien akan duduk di atas sofa yang empuk banget rasanya pengen langsung tiduran aja wkwk..

Tiba saatnya giliran gue masuk ruang operasi. Di dalam ruangan ada dokter, dengan dua perawat pendamping. Saat operasi gue berbaring di kasur dan di atas mata gue tepat ada mesin laser operasinya. Jujur saat ini paling degdegan! Pikiran negatif kembali muncul dan yang paling bikin ngeri adalah karena gue gak boleh ngedip selama 10 menit. JUJUR 10 MENIT SAAT OPERASI TU LAMA BANGET YA TUHAN!! Saat berbaring, gue diberi dua buah bola untuk dipegang agar rileks dan tenang, karena kalau guenya tegang, matanya juga jadi ga mau diem.. Hahaha 🤣

Selama operasi LASIK yang 10 menit itu, mata gue tetap terbuka, karena dkasih penyangga gitu sama perawatnya. Sambil melek, mata gue pun lihat cahaya laser mesin untuk operasinya.. Operasi dilakukan dari mata kiri terlebih dahulu, kemudian mata kanan. Selama operasi, dokter dan perawat selalu menyemangati pasien dan mengeluarkan kata-kata penyemangat, jadinya gue juga gak tegang banget saat operasi. SELAMA 10 MENIT, banyak sekali yang dilakukan dokter, gue gak ngerti tapi mata gue kayak dioles-oles. Selama mesin lasernya jalan di area mata, itu pun ga ada rasa sakit sama sekali. Cuma kayak terang aja gitu.. Rasanya, kayak lihat cahaya lampu kamar dalam waktu yang lama.

Surprisingly, operasinya sudah selesai dan GAK PAKAI SAKIT! Masya Allah, setelah operasi mata jadi lebih bening banget meski masih agak blur tapi gue udah bisa merasakan perbedaannya. Setelah operasi, gue pun diminta untuk duduk sebentar di ruang tunggu operasi, dan diminta berganti pakaian lagi dengan pakaian yang gue pakai sebelumnya. 

 

Setelah Operasi LASIK Mata

Nah, setelah selesai operasi LASIK dan berganti baju, gue diminta duduk kembali di sofa yang nyaman. Sambil nunggu dokter ahli selesai mengoperasi pasien yang lain. begitu dokter kembali, gue kemudian diperiksa kembali oleh dokter untuk mengecek kondisi mata gue dan kemudian ditanaya beberapa pertanyaan. Seperti gimana kondisi matanya, apakah ada yang sakt atau tidak, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya (lupa detailnya. 

Selesai dengan dokter, maka gue pun dipersilakan ke luar dari ruang operasi. Kemudian lanjut dengan perawatnya untuk diberikan obat pasca operasi. Di kondisi ini gue coba pakai mata untuk melihat sekeliling, tapi ya gitu masih burem dan jadi sensitif sama cahaya.

Setelah selesai urusan administrasi dan pemberian resep oleh dokter dan perawat, akhirnya gue pun diperbolehkan pulang. Oh ya penting banget jika sudah selesai operasi jangan pulang sendirian, minimal ada satu pendamping yang bisa mengantarkan kalian pulang. Karena mata belum bisa sepenuhnya melihat dengan baik, jadi bahaya kalau pulang sendirian, takutnya nanti pas di jalan nabrak tembok gimana? Kan malu…

 

Perawatan Setelah Operasi

Saat sampai di rumah pasca operasi, saat tidur gue diminta untuk memakai google agar mata terhindar dari debu dan air, ini dikarenakan kondisi mata yang belum pulih betul jadi sebisa munkin terhindar dari berbagai macam kotoran. Gue juga diberi tiga macam obat mata, kemasannya berwarna merah, kuning, dan hijau. Obat tetes mata yang merah dan kuning dgunakan untuk anti radang pasca operasi, sedangkan yang bungkusnya hijau itu berguna sebagai pelembap agar mata tidak kering, sumpah memang habis operasi itu mata jadi kering banget! Ketiga tetes obat mata ini wajib digunakan setiao hari selama waktu yang ditentukan oleh dokter.

lasik
pasca operasi harus pakai google

Pasca operasi, pasien diwajibkan untuk datang kontrol d waktu-waktu tertentu, yakni sehari pascara operasi, seminggu, sebulan, tiga bulan, enam bulan, dan setahun pasca operasi. Kontrol ini disarankan agar dokter bisa melihat perkembangan mata kita setelah operasi, apakah kondisinya baik atau tidak. Selama seminggu, pasien tidak boleh melakukan aktivitas-aktivitas berat, berenang, mencuci muka, dan saat keluar di siang hari pun harus memakai sunglassses.

Pasti banyak yang tanya, kapan gue bisa mulai melihat dengan jelas?? Sebetulnya sehari setelah operasi, gue udah bisa pakai kerja mata gue dan udah gak terlalu blur lagi, cuma memang masih perih ketika membuka mata. Dua hari setelah operasi malah gue sudah pakai untuk bekerja wkwkw.. Lihat laptop sudah tidak usah pakai kaca mata lagi. Tapi dokter menyarankan agar tiap 20 menit sekali berhenti dari menatap layar selama beebrapa detik, dan jangan diforsir bekerja terlalu keras.

Saat gue menulis artikel pengalaman gue ini, sudah seulan lebih dua minggu dari pasca operasi dan sekarang sudah bisa melihat jelas tanpa bantuan kaca mata baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hal yang paling asyik adalah ketika mengendarai motor udah gak usah ribet lagi pakai kaca mata, karena perpaduan helm dan kaca mata itu asli deh bikin gak nyaman. alhamdulilah sekarang bisa melihat dengan kemampuan mata sendiri selama lebih dari 15 tahun gue pakai kaca mata.. Terharuuuu…

 

Biaya Operasi LASIK Mata

 

Nah, ini pasti yang paling ditunggu-tunggu.. Setelah melakukan serangkaian operasi LASIK dan kontrol serta obat. Berapa sih BIAYA yang gue keluarkan untuk LASIK mata ini? Well, cukup menguras kantong dan tabungan ya hahaha… Jadi totalnya sekitar Rp37 jutaan. Hah?? Kok bisa segitu? Sebenarnya harga ini karena lagi ada promo dari klinikn Ciputra, kalau gak promo mungkin bisa kena Rp40 jutaan lebih. Biaya yang gue keluarkan ini mencakup apa saja? jadi rinciannya sebagai berikut:

  • Screening tahap pertama
  • Screenng tahap kedua (karena kondisi mata kering di tahap pertama, maka harus diulang lagi screeningnya)
  • Biaya operasi LASIK dua mata
  • Obat-obatan dan vitamin mata
  • Kontrol sehari pasca operasi
  • Kontrol seminggu pasca operasi

Kira-kira itu rinciannya ya.. Tiap kontrol akan dikenakan baya lagi dan biayanya beda-beda, tergantung tindakan saat kontrol itu apa saja. Kalau mau jelas lagi biayanya, perawat-perawat di klinik ini siap menjelaskan sceara detail biaya ini untuk tindakan apa saja, mereka transparan banget dan rinci banget saat pasien tanya soal biaya-biaya untuk operasi.

Oh iya, sebagai reminder, gue ini memilih operasi metode RELEX SMILE ya. paling murah itu FEMTO LASIK dan yang paling mahal itu setahu gue metode tanam lensa.

 

Simpulan Dari Pengalaman Operasi LASIK Mata, Worth it Gak?

Kesimpulannya, operasi LASIK ini worth it kok dengan biaya yang dikeluarkan apalagi buat orang-orang yang udah pakai kaca mata sejak kecil kayak gue dan gak pernah merasakan hidup tanpa kaca mata. Kualitas hidup gue pun jadi lebih baik karena gak perlu mengandalkan kaca mata lagi buat bepergian atau melakuakn aktivitas. Meski ada keterbatasn, untuk minus maksimal LASIK itu yang bisa dihilangkan maksimal hanya sampai minus 10 paling tinggi, jika kamu punya minus mata yang lebih tinggi LASIK menggunakan RELEX SMILE akan meningglkan sisa minus, jika ingin benar-benar hilang minusnya, dokter menyarankan untuk tanam lensa.

Sehari setelah operasi mata

 

 

Sekian reiew gue kali ini.. semoga bermanfaat ya bat kalian yang ingin LASIK juga. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu komen di kolom komentar yaaa…

 

Never stop learning about digital things

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *