operasi lasik mata jakarta

Wah gak kerasa ya sudah memasuki bulan Ramadan lagi.. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga ibadahnya dilancarkan dan mendapatkan banyak keberkahan di tahun ini. By the way, gue mau menceritakan pengalaman menarik gue sebulan belakangan. Pengalaman dioperasi! Gak pernah terbayangkan sebelumnya kalau gue akan menjalankan operasi dalam hidup gue hahaha… 

Bulan Februari 2022 yang lalu, gue memutuskan untuk akhirnya melakukan operasi LASIK mata. Kenapa? Karena gue udah mulai merasa gak nyaman memakai kacamata untuk kegiatan sehari-hari, apalagi gue pakai kacamata  ini sudah sejak kelas 5 SD. Lama banget kan…

Mulailah gue iseng-iseng cari informasi tentang operasi LASIK, mulai dari prosedurnya, persyaratannya, sampai yang paling penting biayanya! Maklum, operasi LASIK gak ditanggung BPJS, harganya juga lumayan menguras tabungan ya sist. Setelah cukup lama browsing info di internet, akhirnya pilihan gue jatuh kepada Klinik Mata SMG Ciputra.

Hal yang gue bikin yakin untuk memilih Klinik Mata Ciputra ini adalah selain lagi ada harga promo operasi LASIK untuk dua mata, yakni Customer Service-nya yang  selalu jawab pertanyaan kita sebagai calon pasien dengan detail. Maklum, karena ini pengalaman pertama kali gue dioperasi, dan juga bagian vital yakni mata, jadinya gue perlu menggali lebih dalam informasi soal LASIK ini. Pertimbangan lainnya yakni udah banyak review bagus dari pasien-pasien sebelumnya, hal ini juga yang menguatkan pilihan gue. meski kliniknya tergolong lebih muda daripada klinik mata lainnya di Jakarta, tapi klinik mata ini sudah legit kualitasnya (gak diendorse ya ini pendapat pribadi aja…). Setelah informasi yang gue butuhkan cukup, akhirnya gue menjadwalkan waktu untuk bertemu dokter.

lasik mata ciputra

 

Sebelum Operasi LASIK MATA. Kunjungan Pertama…

LASIK MATA

Kedatangan pertama gue ke Klinik Ciputra yang berlokasi di dalam Mall LOTTE SHOPPING AVENUE, Jakarta Selatan, saat itu tanggal 16 Februari 2022. Kali pertama gue datang untuk konsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu. Oh iya, untuk yang ingin ke sini, akses ke klinik lebih gampang bisa lewat Lobby Mega kuningan ya, setelah itu langsung aja naik lift sampai ke lantai 5, klinik mata Ciputra persis di depan liftnya pas keluar.

Lanjut pas datang, gue mengambil nomor antrian. Saat giliran gue dipanggil, gue langsung diperiksa dan diedukasi oleh perawatnya dulu sebelum bertemu dengan dokter. Dari awal pasien diedukasi tentang kriteria seperti apa agar bisa dioperasi. Salah satunya jika ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah 18 tahun itu tidak masuk kriteria untuk dioperasi.

Setelah edukasi, selanjutnya gue melakukan serangkaian tes, seperti: tes air mata, untuk mengetahui mata pasien kering atau tidak, lalu cek kelebaran kornea, tes pengelihatan, dan beberapa tes lainnya. Lupa detailnya soalnya ada cukup banyak tesnya wkwk.. Sekitar satu jam itu tesnya selesai. Nah, dari tes ini nanti ada hasilnya yang dikeluarkan oleh mesin canggih buat dilihat apakah mata pasien udah siap dioperasi atau belum, misalnya layak bisa langsung dioperasi di hari yang sama dengan saat kita datang.

Setelah tes, pasien disuruh menunggu lagi untuk bertemu dokter karena saat itu dokter yang gue pilih lagi menangani pasien lain. Di Klinik Ciputra ini dokter yang handle operasi ada banyak, jadi kalian bisa pilih sesuai preferensi aja. Dokter yang gue pilih saat itu adalah Dokter Azrina, dokternya baik dan ramah banget.

Tiba giliran gue ketemu dengan dokter Azrina, beliau ini ramah banget. Beliau menjelaskan keadaan kondisi mata gue setelh melakukan serangkaian tes. Dan hasilnya adalah mata gue belum layak operasi karena kondisi mata yang KERING KERONTANG wkwkwk… Air mata juga sedikit, jadi riskan kalau gue memaksakan buat operasi di hari itu. Dokter menyarankan gue datang seminggu kemudian dengan memberi resep agar mata gue gak kering dan menyarankan untuk mengonsumsi OMEGA-3 selama seminggu itu. Diharapkan setelah seminggu ada peningkatan kondisi di mata gue dan mata gue gak kering lagi.

 

Kunjungan Kedua

Next, seminggu kemudian pun gue datang lagi ke Klinik Ciputra. Seperti biasa, ngambil nomor antrian, terus ketemu perawat untuk melakukan tes lagi. Jujur gue deg-degan banget takut ga lolos lagi buat dioperasi karena gue udah ngebet banget pengen dioperasi hahaha… Setelah tes yang memakan waktu sejam juga kurang lebih, akhirnya gue ketemu lagi dengan dokter Azrina, dia menjelaskan lagi kondisi mata gue setelah tes. Gue lihat di kertas yang dipegang dokter, jika seminggu sebelumnya indikator mata gue banyak yang warna merah, di minggu kedua ini indikatornya berubah jadi kuning dan hijau, artinya mata gue ada peningkatan kondisi dan udah gak terlalu kering kayak minggu sebelumnya.

Dokter menjelaskan dengan kondisi mata gue dengan minus tinggi, ada beberapa opsi LASIK, yang paling direkomendasikan untuk penderita minus tinggi yakni operasi tanam lensa, jadi si lensa mata diganti dengan yang baru jadi mata akan sepenuhnya bisa melihat normal. Wah bagus tuh pikir gue, cuma agak ngeri juga karena ada lensa yang ditanam di mata. Pilihan yang kedua yakni RELEX SMILE, operasi LASIK metode terbaru yang penyembuhannya lebih cepat, gak sakit, dan gak meninggalkan flap di mata, ini juga yang direkomendasikan oleh dokter jika gue mau lanjut dioperasi. Pilihan ketiga ini kurang direkomendasikan oleh dokter karena kondisi mata gue ini, yakni FEMTO LASIK, dibanding opsi kedua, FEMTO lebih lama sembuhnya dan juga hasilnya kurang maksimal kalau gue pakai operasi yang ini. Semua jenis operasi mata ini sudah terbukti aman ya gengs.. Jadi gak usah takut.

FInally, setelah gue menimbang-nimbang dan berkonsultasi, gue memilih RELEX SMILE. Karena budgetnya masih masuk wkwkwk..  Kalau yang tanam lensa pengen juga sih, cuma biayanya lebih tinggi dan juga operasinya gak bisa langsung sekaligus dua mata, jadi satu mata lebih dulu kemudian menyusul mata kedua.

Setelah setuju menjalankan operasi, gue diminta untuk menandatangani surat persetujuan untuk operasi dan kemudian diminta untuk menunggu lagi untuk persiapan operasi. Jujur deg-degan!

Lanjut ke part 2 yah buat saat operasi dan informasi soal biaya LASIK MATA ya~ Klik Disini…

 

Never stop learning about digital things

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *